Cara riset keyword menggunakan google Adwords, metode baru
Sebelum
anda membangun sebuah website bisnis anda ataupun blog pribadi anda tentunya
anda ingin menentukan topik dan kata kunci website anda terlebih dahulu.
Melakukan riset kata kunci atau keywords merupakan langkah awal yang wajib
dilakukan oleh setiap webmaster karena hal ini dapat membantu keberhasilan
sebuah website di mesin pencari seperti google, dan bahkan bisa dikatakan bahwa
riset kata kunci adalah kunci keberhasilan sebuah situs karena akan sangat
mempengaruhi trafik pengunjung yang datang dari mesin pencari seperti google.
Salah
satu alat atau tools yang bisa anda gunakan untuk melakukan riset kata kunci
website anda adalah Google Adwords: Keyword Tool. Sebenarnya alat ini pada
awalnya disediakan oleh pihak google kepada advertiser mereka dengan tujuan
agar pihak advertiser atau pengiklan mengetahui kata kunci apa saja yang sering
digunakan oleh orang untuk mencari sebuah informasi di mesin pencari google.
Bagi
para publisher adsense, internet marketer, ataupun blogger, tentunya tools ini
adalah salah satu tools terbaik pencari kata kunci untuk membangun website
bisnis mereka, dan dapat digunakan secara gratis. Lalu anda bertanya, bagaimana
cara riset keywords dengan menggunakan google adwords keyword tools? Baca terus
artikel ini karena sebenarnya caranya cukup mudah. Berikut ini adalah gambar
tampilan Google adwords keyword tools:
adwords |
Langkah pertama adalah membuka situs Google Adwords: Keywoord Tools. Akan muncul halaman seperti gambar di atas. Sebaik
anda mendaftar terlebih dahulu atau login dengan menggunakan email google anda,
tujuannya adalah agar dan anda tidak perlu memasukkan kode verifikasi
pada halaman riset dan juga keywords yang ditampilkan akan lebih banyak.
Berikut ini adalah beberapa langkah mudah untuk melakukan riset kata kunci
dengan menggunakan Google Adwords: Keywoord Tool, perhatikan gambar di
atas:
1.
Pada kolom No. 1, anda masukan keywords/
kata kunci yang menjadi topik utama website yang akan anda buat. Anda bisa
memasukkan lebih dari satu kata kunci yang berhubungan dengan niche anda.
2.
Pada kolom No. 2, anda bisa
mengambil ide kata kunci dari website lain yang se-niche dengan topik anda,
tapi hal ini bukan sebuah keharusan karena anda mungkin ingin memilih kata
kunci yang berbeda. Pada kolom kategori anda bisa memasukkan kategori yang
sesuai dengan topik yang anda pilih, tapi anda bisa saja tidak mengisi kolom
tersebut.
3.
Pada kolom No. 3, pastikan anda
mencentang salah satu type pencarian yang anda inginkan. Saran saya, sebaiknya
anda mencentang kotak “exact match” atau “persis” agar anda tahu jumlah
pencarian di google yang persis mengetikan sebuah kata kunci.
4.
Pada Kolom No. 4, langkah ini
adalah salah satu yang sangat penting dan tidak boleh dilupakan karena akan
sangat mempengaruhi hasil pencarian kata kunci yang akan anda temukan. Pastikan
anda memilih lokasi negara, dan bahasa yang anda target. Bila target market
anda adalah Amerika, pastikan anda telah memilih “United States” atau “Amerika
Serikat” pada opsi dan filter lanjutan.
5.
Kolom 5, setelah anda selesai memilih
setingan pencarian kata kunci, silahkan anda klik “Search” atau “Telusuri”,
anda akan diberikan data dari berbagai kata kunci yang sesuai dengan kata kunci
yang anda pilih.
6.
Pada kolom 6, anda akan melihat data
setiap kata kunci yang anda masukkan, seperti: jumlah pencari kata kunci secara
global, jumlah pencari kata kunci dari lokal, harga CPC (cost per click) untuk
adsense, trend pencarian lokal, dan lain-lain.
Sampai
pada langkah di atas, anda akan menemukan banyak sekali kata kunci yang berhubungan
dengan niche anda. Sebaiknya anda tidak terlalu terburu-buru dalam memilih
keywords yang ditampilkan di google adwors kwyword tools, saya sangat
menyarankan agar anda melakukan riset kata kunci tersebut lebih lanjut karena
akan berhubungan dengan tingkat persaingan kata kunci yang akan anda pilih
Mungkin
ini yang dapat saya bagikn kepada teman teman semua,, semoga bermanfaat dan
salam Barokah dari saya..
Sign up here with your email
ConversionConversion EmoticonEmoticon